Facial Recognition, Teknologi Terbaru Facebook untuk mengenali seseorang !

Fitur terbaru Facebook

Fitur Facebook - Facebook (FB), merupakan jejering sosial yang paling aktif saat ini, berdiri pada bulan Februari tahun 2014  oleh seseorang asal Amerika Serikat bernama Mark Zuckenberg, kali in FB (Facebook) sedang berada di puncak popularitasnya dengan banyak pengguna setia.

Namun ke suksesan dari FB (Facebook) memiliki pengguna yang banyak tidak bisa secara instant karena mereka memiliki banyak pesaing dari jejaring sosial lain seperti Twitter, Path, dan yang baru baru ini adalah Instagram yang mulai melebarkan sayap mereka, namun tetap saja FB (Facebook) menjadi favorit para netizen.
Facial Recognition, Teknologi Terbaru Facebook untuk mengenali seseorang !

Seiring berkembangnya dunia teknologi masa kini, para petinggi FB (Facebook) juga tidak mau ketinggalan untuk meramaikan persaingan, maka dari itu sosial media FB (Facebook) saat ini juga semakin berkembang dengan menghadirkan beberap fitur terbaru didalamnya.

Setelah beberapa waktu lalu sempat dikabarkan akan merilis fitur streaming musik di FB,  justru kali ini telah terhembus kabar jika FB (Facebook) telah mengembangkan teknologi terbaru yakni Facial Recognition.

Facial Recogniton, Fitur Terbaru Facebook


Teknologi Facial Recognition ini memiliki kecanggihan di dalam Facebook dimana dapat mengenali wajah penggunannya, melihat bentuk tubuh, pakaian, serta potongan rambut. Bahkan melihat dari pose seseorang ketika mengunggah fotonya ke album FB (facebook), meskipun wajahnya tidak terlalu jelas Teknologi Facial Recogition ini mampu mengenalinya.

Sebelum memperkenalkan ke publik, terlebih dahulu pihak FB (facebook) melakukan uji coba terhadap beberapa sampel foto. Tidak main-main, dalam uji coba teknologi Facial Recognition ini mencoba memindai 40.000 foto yang berisi dari wajah terlihat jelas dan wajah tidak terlihat jelas.   Dan hadil dari pengujian tersebut sungguh mengejutkan, dimana teknologi Facial Recognition ini mampu mengenali identitas dari foto tersebut dengan tingkat akurasi  menebaknya hingga 83%. Waw sungguh teknologi yang sangat canggih bukan ?

Meskipun tingkat akurasinya tidak bisa hingga 100%, namun dengan skor 83% tersebut  sudah membuktikan tingkat keberhasilan dari sistem Facial Recognition hampir sempurna jika melihat jumlah foto yang di gunakan untuk uji coba.

Namun hingga saat ini pihak FB (Facebook) (http://smeaker.com/tag/facebook-fb/) masih melakukan perkembangan lagi terhadap teknologi Facial Recognition miliknya tersebut agar memiliki tingkat akurasi lebih baik lagi saat nanti di terapkan pada sosial media FB (Facebook).

Tentu saja, maksud dari pengembangan teknologi pada FB (facebook) ini adalah agar pengguna lama dapat setia menggunakan FB (facebook), dan untuk memancing minat dari netizen agar mau menggunakan sosial media Facebook besutan dari Mark Zuckenberg ini.

Dibalik dari perkembangan sebuah teknologi baru, pasti tidak lepas dari yang namanya sisi baik dan buruk bagian setiap orang, begitu juga kehadiran dari teknologi Facial Recognition ini. Disatu sisi hal ini akan menguntungkan FB (Facebook) karena memiliki fitur auto tag yang sangat canggih dan mampu menarik minat banyak netizen.

Namun di sisi sebaliknya ada juga orang yang tidak ingin di tag dalam foto momen tersebut namun karena kecanggihan fitur Facial Recognition sehingga dia jadi ikut tertandai, nah hal itu bisa menimbulkan rasa tidak nyaman bagi pengguna lain.
Baca juga : http://www.newsth.com/bintang/

Nah mungkin salah satu hal yang harus dilakukan oleh pihak FB (Facebook) adalah memberikan sebuah menu navigasi atau privasi untuk memberi sebuah pesan peringatan kepada seseorang yang ditandai, menerima atau tidak jika dirinya jika ditandai dalam foto tersebut.


0 komentar:

Poskan Komentar